Minggu, 29 Mei 2011

Tanggung Jawab Pada Kehidupanmu

Tanggung jawab di masing-masing kehidupan orang diwujudkan dengan berbagai bentuk. Sebagai contoh, seorang ayah yang bertanggung jawab kepada keluarganya dengan bekerja keras mencari rezeki yang halal dan seorang ibu yang bertanggung jawab mengurusi anak dari hasil pernikahannya dengan tanggung jawab berupa pendidikan dasar, pendidikan moral, dan pendidikan sikap. Dari kedua tanggung jawab tersebut maka akan terjalin rasa saling percaya dan akan saling bergantung satu sama lain hingga terbentuk keharmonisan kehidupan diantara keduanya.
Tanggung jawab saya sebagai makhluk sosial adalah menjalin dan menjaga tali silaturrahmi dengan manusia lain. Dengan begitu, kewajiban saya sebagai makhluk sosial sudah cukup terwujud dan tidak perlu lagi mengumbar-umbar diri saya kepada khalayak ramai demi mewujudkan kata "mendapatkan 1 teman lebih sulit dibanding mendapat 10000 musuh". Saya punya teman, saya tidak peduli apa pendapat orang yang hanya bisa berkoar-koar didepan saya dan tidak bisa mewujudkan apa yang ia koar-koarkan. Tanggung jawab saya terhadap diri sendiri terasa sudah cukup dengan mewujudkan beberapa aspek diatas dan mengharmoniskan kehidupan ini akan terasa sulit tanpa adanya rasa kepercayaan kepada orang lain.
Tanggung jawab kepada orang tua diwujudkan dengan mencintai, menjaga, dan menghormati orang tua dan beberapa aspek tersebut haruslah dijaga demi menjaga rasa hormat kita kepada mereka. Orang tua yang telah menjaga kita dan saat inilah saatnya kita yang menjaga mereka dimasa yang bagi mereka sudah bukan masa "jaya" mereka lagi. Sekarang adalah saatnya kita membuat mereka bangga dan hanya dengan cara itulah kita dapat mewujudkan apa itu rasa tanggung jawab kepada orang tua.
Tanggung jawab adalah 2 kata yang sulit untuk sebagian orang dimana mereka dengan ringannya membuang anak mereka tanpa tanggung jawab, dengan ringannya membentak orang tua, dengan ringannya melakukan pengkhianatan kepada sesama teman atau bahkan sahabat. Dengan mewujudkan tanggung jawab dan mengajarkan arti dari tanggung jawab maka insya allah tidak ada lagi kata-kata pengkhianatan, lepas tanggung jawab, dan manusia mudah-mudahan akan kembali ke kodratnya yaitu menjaga kelestarian kepada sesama makhluk hidup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar