Selasa, 11 Januari 2011

Menuju Yang Lebih Baik Dengan Akulturasi Positif

Masyarakat negara berkembang adalah bak anak kecil yang harus dididik terlebih dahulu agar mandiri selanjutnya. Akulturasi adalah masuknya unsur-unsur dari luar tanpa menghilangkan budaya asli suatu daerah. Ini membuka kesempatan kepada kita negara berkembang untuk semakin maju dan maju untuk kehidupan yang lebih baik hingga ke semua lapisan masyarakat. Kita bisa mengambil segala sesuatu yang positif untuk mengembangkan pola pikir kita, belajar mungkin salah satunya. Kita bisa belajar bahasa asing agar wawasan kita lebih luas dan dengan begitu kita bisa memahami buku-buku yang tidak menggunakan bahasa asli kita. Dengan begitu kita mampu mengembangkan diri kita menuju yang lebih baik lagi. Belajar bahasa lain itu salah satu contoh yang penting karena bahasa adalah penemuan yang paling berharga agar kita sebagai mahkluk sosial mampu berinteraksi dan saling memahami apa yang dimaksudkan oleh kedua belah pihak.

Dengan kita sudah menguasai apa-apa yang penting di kehidupan ini kita jadi bisa saling berbagi dan menghargai satu sama lainnya hingga terbentuklah integrasi yang satu pemikiran yaitu " Tetap Bergerak Maju". Kita sebagai sebuah negara pasti tidaklah mau untuk "tertinggal" dari negara lain yang sudah maju. Kita sudah punya semua SDA yang sangat mencukupi dan sekaranglah saatnya kita olah semua itu dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan "dari luar". Akulturasi membantu sebuah daerah menerima sesuatu yang baru, tetapi masih sangat sulit untuk daerah jumud yang berpikiran kolot untuk diperkenalkan dengan sesuatu yang seperti ini. Dibutuhkan sosok yang berintegritas tinggi yang siap memimpin suatu daerah untuk mencoba menerima sesuatu yang asing itu demi kebaikan bersama.

Semua kembali kepada kita masing-masing, apakah kita mau menerima untuk maju atau menolak untuk mundur. Sikap masyarakat untuk saling toleransi itu sangat dibutuhkan untuk tujuan bersama dengan begitu maka kebutuhan satu orang dan satu lainnya dapat saling dipenuhi bersama. Bukan tidak mungkin suatu negara terpengaruh asimilasi karena terlena akan budaya asing tersebut. Maka, kita harus pandai-pandai menyaring semua itu demi kebaikan kita dan orang lain. Kita mahluk sosial dan akan tetap begini sampai habis. Inspirasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar