Kamis, 28 Oktober 2010

Mengenal Diri Lewat Mimpi


"Biarkan mimpi itu ada, setidaknya masih ada secercah harapan , bukan kehampaan dalam meraih masa depan kosong..."


Itu sedikit kata pengantar saya yang mengajak para pemuda untuk bermimpi. Mimpi disini maksudnya adalah bahwa kita punya impian untuk menjadi suatu tolak ukur dalam mencapai apa yang kita inginkan. kalau kita masih punya mimpi insya allah kita masih bisa menatap masa depan lebih optimis.
Contoh mimpi menjadi media tolak ukur yaitu seperti ini, kita ingin punya rumah besar, mobil mewah, istri cantik dll. Dari sini kita bisa melihat bahwa impian kita ingin sesuatu yang sempurna, dan ingin mempunyai masa depan paling baik dari sepanjang hidupnya. Lalu, "Bagaimana cara kita mewujudkannya?". Jawabannya ada pada diri kita masing-masing. Mungkin jawabannya bisa seperti ini, "Kita harus bekerja keras, mencari ilmu sebaik-baiknya, dan selalu berdoa agar semua impian kita terwujud". Semua memiliki arti bahwa kita harus selalu optimis dan harus selalu berusaha sebaik mungkin untuk mewujudnkan mimpi kita. Semua bukanlah datang begitu saja sekejap mata seperti di Surga, kita harus berusaha mewujudkan semua dan akhirnya kita akan merasakan kesenangan batin dan akan semakin menghargai kerja keras dan pengabdian.


Suasana sepertinya mendukung. Sekarang kita sedang memperingati peristiwa "Sumpah Pemuda", peristiwa dimana tonggak proklamasi mulai ditegakkan dengan adanya persatuan dari masing-masing suku menjadi satu yaitu "Bangsa Indonesia". Bukankah terlihat adanya keinginan dari para pemuda untuk mempersatukan negara ini?. Ya, kita jelas melihatnya di zaman sekarang ini. Di masa lalu, begitu kuatnya tekad para pemuda untuk mempersatukan negara walaupun dengan keterbatasan sarana-prasarana dimasa itu. Entah bagaimana mereka bisa berkumpul di gedung itu dan menghasilkan sebuah sumpah yang kita kenal dengan nama "Sumpah Pemuda". Ya, cukuplah kita mempertanyakan semua itu, kita harus semakin memandang ke depan untuk semakin memajukan negeri ini.


Mimpi, sekarang ini kalau boleh saya katakan mimpi itu adalah sesuatu yang membuat saya senang dan semakin bersemangat dari hari ke hari. Mimpi membantu saya mencapai sesuatu yang sulit dan akhirnya bisa memecahkan semua masalah yang ada. Menjadikan hidup ini memiliki tujuan yang hakiki dan semua itu masih belum tercapai.


Impian membentuk identitas masing-masing orang. Entah tujuan impiannya apa, semua akan tertuju ke masa depannya nanti. Semua akan berubah seketika ketika kita merasakan saat dimana kita terjatuh ke lubang terdalam di kehidupan ini. Itulah sifat manusia yang hanya akan "tergerak" bila dia mendapat suatu ujian yang sangat menyakitkan. Menurut saya, identitas seseorang akan terbentuk dimana masa itu sudah tiba. Dan kita tentunya  tidak ingin sesuatu seperti itu terjadi dulu bukan?. Maka dari itu saya disini mengajak para pemuda untuk bermimpi dan berusaha bermimpi untuk mewujudkan keinginan kita masing-masing.


Mimpi itu tidak terkekang keterbatasan.
Mimpi itu justru semakin akan memiliki tantangan dengan adanya hambatan, dan hambatan adalah musuh pikiran kita dalam meraih mimpi.
Bersikap beda dalam berpikir dan berbuat itu "keren".
Dan pesan saya "Jangan Takut Untuk Bermimpi pemuda...!!!"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar