Kamis, 21 Oktober 2010

Ketika Pertumbuhan Dan Perkembangan Terhambat Lingkungan

Pertumbuhan adalah proses dalam kehidupan ketika seseorang terlahir ke dunia hingga  suatu masa dimana pada masa tersebut pertumbuhan akan berhenti. Perkembangan adalah proses dimana seseorang berkembang baik dari segi fisik maupun dari segi pola tingkah laku dan proses berkembangnya pemikiran dan menerima pemikiran.
Satu individu dalam pertumbuhan akan mengalami perubahan fisik dari ujung rambut hingga ujung kaki, setiap manusia akan mengalami pertumbuhan yang berbeda baik itu laki-laki ataupun perempuan. Perkembangan pun seperti itu, perkembangan akan pasti terjadi pada seseorang semasa hidupnya. Perkembangan tiap manusia pasti berbeda dan akan terjadi sepanjang hidup manusia itu. Pertumbuhan akan terhenti pada seseorang hingga masa tertentu tetapi perkembangan akan terjadi selama manusia itu hidup. Pertumbuhan cenderung lebih nampak dibandingkan perkembangan karena pertumbuhan selalu identik akan perubahan fisik seseorang. Perkembangan cenderung tidak nampak karena perkembangan menyangkut tingkah pola hidup kebiasaan dan perkembangan sifat mencakup baik maupun buruknya seseorang yang tergantung dari pendidikan yang diterimanya baik dari keluarga maupun lingkungan sekitar yang mengajarkan kepada individu tersebut.
Penerimaan rangsangan pertumbuhan diterima dari asupan gizi dan dari lingkungan seperti olah raga dan kebiasaan yang tidak merusak diri sendiri maupun kegiatan yang merusak diri sendiri. Perkembangan menerima rangsangan dari setiap apa yang individu tirukan dari individu lain baik yang baik maupun buruk asalkan itu terlihat lebih di perhatikan orang lain dibandingkan jati dirinya yang asli. Semua yang ditiru akan terlihat baik oleh seorang individu apabila dia melakukan sesuatu yang sebenarnya menyimpang tetapi di dukung oleh lingkungan sekitarnya. Semua yang ditiru memiliki banyak maksud baik dari segi pribadi ataupun segi lainnya, mungkin hanya ingin terlihat eksis makanya dia melakukan kejanggalan, ataupun dia akan melakukan kebaikan apabila mungkin karena orang tua yang telah mendidiknya dengan benar dan selalu dijaga oleh orang tuanya dari kesalahan pergaulan.
Lingkungan sangat mempengaruhi tingkah pola kehidupan seseorang karena dari sana lah dia mendapatkan banyak sesuatu yang baru dan ingin mencoba-coba dan tidak tahu apakah hasil akhir dari perbuatannya tersebut. Tentunya lingkungan walaupun lingkungan seolah-olah membantu pertumbuhan dan perkembangan tetapi sebenarnya lingkugan dapat membuat semua aspek ini menjadi terhambat.
Disini pengartian terhambat memiliki beberapa arti:

1. Terhambat menuju perbaikan.
Situasi dapat kita katakan begini. Ketika kita memiliki sebuah inovasi pemikiran kritis tetapi kita malah tidak di dukung lingkungan yang seharusnya mendukung kita kepada kebaikan yang kita harapkan. Lalu kita memutar otak kita untuk memilih jalan apa yang akan kita ambil untuk keluar dari "kurungan" kebebasan ini? Entahlah cara apa yang akan di ambil, karena itu hanyalah perumpamaan. Tapi bila ada suatu langkah  yang dapat di ambil maka sebaiknya:
 - Kita harus mengenalkan inovasi apa yang kita miliki, perkenalkan apa keuntungan dan kerugian pengaplikasian dari inovasi itu.
 - Katakan alasan inovasi yang kita miliki.
 - Terima dengan lapang dada apapun alasan yang lingkungan katakan kepada kalian pemilik inovasi.
 - Bila dapat dikerjakan walaupun tanpa bantuan lingkungan, sebaiknya tunjukkan pengaplikasian inovasi tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar