Selasa, 01 November 2011

WLAN (Wireless LAN)


WLAN adalah jaringan local dalam suatu wilayah kecil yang dihubungkan tanpa kabel dan memanfaatkan gelombang radio sebagai media transfer data. Keuntungan menggunakan WLAN adalah kita tidak perlu repot-repot menghubungkan kabel dari port satu komputer ke port komputer lainnya, dengan begitu kita bisa menghemat waktu. Tetapi, pada implementasi wireless ini terdapat pula kekurangan yang menyangkut masalah keamanan data. Sistem keamanan yang diterapkan pada WLAN adalah WEP, protokol WEP ini memiliki tingkat keamanan yang sangat minim dan jika ingin lebih aman dalam melakukan transfer data kita harus menggunakan perangkat lunak lainnya seperti program untuk enkripsi data, SSH, SSL dan lainnya.
Topografi yang dibuat LAN dengan kabel sebenarnya jika dilihat dari sisi keamanan data lebih aman dibandingkan dengan WLAN (nirkabel). Karena hubungan yang terjadi antar komputer adalah hubungan tertutup antara 2 atau lebih komputer-komputer. Tapi jika dilihat dari sisi efisiensinya maka jelas jika kita ingin menghubungkan komputer 1 yang berjarak 10m dengan komputer 2 kita akan membutuhkan kabel sepanjang yang kita butuhkan juga dan tentunya biaya yang dibutuhkan akan lebih mahal juga.
Dari sisi keamanan sebenarnya WLAN memang lebih tidak terlalu aman, tapi LAN pun demikian karena bisa diserang dengan metode Man In The Middle (MITM) yang akan memposisikan si penyerang diantara user-user yang akan mentransfer data. Penyerang akan membelokkan jaringan dan menjadikan dirinya sebagai gateway jaringan dan tentu saja semua paket data akan melalui si penyerang terlebih dahulu dan jika ada data-data penting maka si penyerang tentu saja akan mengambil data penting tersebut demi keuntungan dirinya sendiri saja.

Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/LAN_nirkabel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar