Selasa, 01 November 2011

Wimax


Wimax adalah teknologi jaringan wireless (nirkabel) yang memanfaatkan jaringan radio yang memiliki kecepatan akses yang tinggi dan jangkauan yang luas karena teknologi pita lebar yang diterapkan. Wimax adalah evolusi dan hasil kembangan terbaru dari teknologi pita lebar sebelumnya.
Wimax menggunakan standarisasi IEEE 802.16 yang artinya teknologi ini memakai standarisasi untuk jaringan broadband. Teknologi pita lebar yang dikembangkan pada Wimax menghasilkan jarak jangkauan yang sangat jauh mencapai 8km, kecepatan mencapai 75Mbps dan frekuensi yang digunakan 3.5 Ghz. Yang membedakan Wimax dan Wi-Fi adalah standarisasi IEEE yang digunakan masing-masing yaitu untuk Wimax adalah 802.16 dan Wi-Fi adalah 802.11.
Perangkat-perangkat yang dibutuhkan Wimax adalah sebagai berikut:
-         Base Station adalah perangkat pusat jaringan pengirim sinyal broadband yang menggunakan jaringan IP.
-         Antena.
-         Perangkat radio penerima yang dipasang di tempat pelanggan dan dapat dipasang di dalam ruangan atau di luar ruangan.
Karena teknologi ini masih terbilang baru, maka masih harus diperkenalkan kepada masyarakat dan dilihat dari biayanya maka masih terhitung mahal serta coverage area nya masih ada yang belum terjangkau mungkin karena mahalnya biaya operasional.

Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/WiMAX

Tidak ada komentar:

Posting Komentar