Sabtu, 18 Januari 2014

Social Network Business

1. Pendahuluan
Media sosial adalah media online yang para penggunanya dapat berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan sesuatu hal seperti blog, jejaring sosial, atau suatu forum. Media sosial seperti jejaring sosial atau blog yang akhir-akhir ini sangat banyak dipakai oleh orang-orang dan akhirnya tumbuh dengan sangat pesat baik dari jumlah penggunanya hingga layanan yang ditawarkan. Media sosial dalam pandangan bisnis dapat menjadi media promosi yang tidak terbatas ruang dan waktu dengan biaya rendah entah itu untuk bisnis besar maupun bisnis menengah ke bawah.

2. Teori
Andreas Kaplan dan Michael Haenlein mendefinisikan media sosial sebagai "sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang membangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0, dan yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran user-generated content".

3. Analisa
Pesatnya perkembangan media sosial kini dikarenakan setiap orang dapat memiliki media sendiri. Pemanfaatannya beragam baik hanya sekedar mengobrol hingga untuk berbisnis. Sepengamatan saya menggunakan media sosial, banyak pebisnis/perusahaan menggunakan media sosial sebagai media promosi, hingga sebagai media pengamatan/menerima feedback langsung dari pengguna/pelanggan. Contohnya adalah ketika suatu perusahaan pembuat software mengeluarkan aplikasi versi beta kepada penggunanya dan para pengguna akan diminta mengirimkan fitur apa saja yang kurang atau kesalahan apa saja yang terjadi di aplikasi yang diluncurkan tersebut. Setelah aplikasi versi beta diluncurkan secara gratis, perusahaan akan mengeluarkan versi yang sudah diperbaiki (menurut tanggapan pengguna) dan akan dikenakan biaya pembelian.

4. Referensi
http://id.wikipedia.org/wiki/Media_sosial

Tidak ada komentar:

Posting Komentar