Jumat, 08 November 2013

Corporate Information Management

Aji Ahdiat
58410853
4IA20
                                                                    
1.      Pendahuluan
Kali ini akan dibahas mengenai Corporate Information Management (CIM) atau Manajemen Informasi Perusahaan. Pada saat ini perusahaan ditekankan untuk dapat mengelola data-data perusahaannya dengan baik agar lebih teratur dan data tetap utuh terjaga. Demi kelangsungan perusahaan ke depannya, perusahaan membutuhkan pegawai untuk menjalankan perusahaan dan pemimpin yang cakap dan tegas dalam menjalankan tugasnya dalam melakukan manajemen organisasi tersebut. Manajemen merupakan proses yang melibatkan semua kegiatan pengambilan keputusan, koordinasi upaya kelompok, dan kepemimpinan. Fungsi manajemen adalah menggabungkan sumber daya manusia, materi, uang, metode, mesin, dan moral untuk mencapai tujuan perusahaan.
CIM atau dapat dikenal dengan istilah SIM (Sistem Informasi Manajemen) adalah suatu proses untuk pembentukan strategi, merencanakan pasokan untuk informasi masa yang akan datang, proses untuk meningkatkan nilai utilitas suber daya informasi yang tersedia, memastikan kepatuhan terhadap informasi perundangan yang berlaku dan juga meningkatkan laba atas investasi di teknologi informasi.
2.      Teori
Menurut Barry E.Cushing, SIM adalah :
‘Suatu sistem informasi manajemen adalah Kumpulan dari manusia dan sumber daya modal di dalam suatu organisasi yang bertanggung jawab mengumpulkan dan mengolah data untuk mengahasilkan informasi yang berguna untuk semua tingkatan manajemen di dalam kegiatan perencanaan dan pengendalian’. (Jogiyanto,2005,14).
Menurut Frederick H.Wu SIM adalah :
‘Sistem Informasi Manajemen adalah kumpulan-kumpulan dari sistem-sistem yang menyediakan informasi untuk mendukung manajemen’.(Jogiyanto,2005,14).
3.      Analisa
Menurut pengertian yang ada, dapat diambil kesimpulan bahwa Sistem Informasi Manajemen yang diimplementasikan pada suatu perusahaan diharapkan dapat mempertahankan atau bahkan meningkatkan kinerja perusahaan di masa yang akan datang. Hasil dari pengolahan sumber daya akan menghasilkan sesuatu yang tergantung pada manusia yang mengolahnya. Manusia dapat melakukan perencanaan agar pengolahan data yang diterima menghasilkan hasil yang maksimal.
Pengalaman saya dalam pengaplikasian SIM secara langsung mungkin belum pernah, tetapi saya pernah bekerja di suatu perusahaan yang bergerak di bidang TI yang notabene mengaplikasikan pekerjaan menggunakan sistem terstruktur. Mengapa saya bilang belum pernah mengaplikasikan sistem ini secara langsung, karena saya hanya bekerja selama 4 hari karena satu dan lain hal.
4.      Referensi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar